Inovasi Teknologi
Membangun E-Commerce untuk meningkatkan pelayanan
sistem E-Bisnis pada perusahaaan
Pengertian E-Bisnis
E-Bisnis adalah kegiatan bisnis yang dijalankan secara elektronik melalui suatu jaringan dan computer atau kegiatan jual beli barang atau jasa melalui jalur komunikasi digital. Jadi E bisinis merupakan bisnis jual beli barang yang dilakukan melalui media digital atau media online.
Dijaman sekarang ini banyak orang yang menawarkan barang atau jasa melalui media online. Dengan adanya media online tersebut lebih memudahkan banyak orang baik bagi konsumen dan juga penyedia barang dan jasa itu sendiri.
Dengan sebuah smartphone saja kita dapat membeli barang atau jasa dengan cepat dan efektif serta hemat waktu. Dan bagi penyedia barang atau jasa memiliki keuntungan yang besar karena tidak perlu menyewa tempat atau lapak untuk menjual barangnya karena penyedia barang atau jasa menggunakan media digital yang lebih efisien.
Pelayanan yang diberikan E-Commerce untuk pembeli
Di zaman sekarang, manusia sudah mulai menginnkan semua serba instan terutama dalam hal jual - beli barang. untuk itu kita membutuhkan yang namanya E-Commerce. E-Commerce memiliki kelebihan dalam beberapa aspek, tanpa mengandalakn produk yang ditawarkan, juga mengandalakan tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, juga mampu melakukan interaksi dengan pembeli kapan pun dimana pun dengan waktu yang tidak ditentukan. beberapa faktor yag juga mempengaruhi kinerja E-Commerce adalah sebagai berikut :
Di zaman sekarang, manusia sudah mulai menginnkan semua serba instan terutama dalam hal jual - beli barang. untuk itu kita membutuhkan yang namanya E-Commerce. E-Commerce memiliki kelebihan dalam beberapa aspek, tanpa mengandalakn produk yang ditawarkan, juga mengandalakan tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, juga mampu melakukan interaksi dengan pembeli kapan pun dimana pun dengan waktu yang tidak ditentukan. beberapa faktor yag juga mempengaruhi kinerja E-Commerce adalah sebagai berikut :
- Menyediakan harga kompetitif
- Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
- Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
- Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
- Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
- Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
- Mempermudah kegiatan perdagangan.
Cara mudah dalam membangun E-Commerce
1. Tentukan barang apa yang akan dijual
Sebelum melakukan penjualan, kita pastinya memerlukan sebuah barang yang untuk dijual. sebelum itu kita akan melakukan observasi dahulu jenis E-Commerce apa yang ingin kita lakukan, untuk barang apa saja. jika tema E-Commerce sudah ditentukan. Berikutnya adalah memasukkan gambar barang yang sesuai dengan tema E-Commerce kita.
2. Buatlah pop-up penawaran yang menarik.
Sebelum melakukan penjualan, kita pastinya memerlukan sebuah barang yang untuk dijual. sebelum itu kita akan melakukan observasi dahulu jenis E-Commerce apa yang ingin kita lakukan, untuk barang apa saja. jika tema E-Commerce sudah ditentukan. Berikutnya adalah memasukkan gambar barang yang sesuai dengan tema E-Commerce kita.
2. Buatlah pop-up penawaran yang menarik.
Untuk membuat penawaran atau promosi yang menarik, Anda perlu melihat siapa target market Anda. Selain sesuai, keunggulan dari produk Anda juga patut untuk dijabarkan ke calon pelanggan Anda. Misalnya, Anda sedang menjual lampu tidur. Bila Anda membuat kalimat seperti “Klik Di Sini untuk Mendownload Spesifikasi Lampu Tidur Ini”, orang akan mengabaikannya. Sebaliknya, bila kalimatnya diubah menjadi “Kenali Lampu Tidur Hemat Energi dan Aman Dari Risiko Kebakaran Kami”, hal ini akan jadi lebih menarik.
3. Melakukan pengiklanan
3. Melakukan pengiklanan
Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengiklankan situs e-commerce yang telah Anda buat. Tak perlu pusing-pusing, cukup buat promosi melalui Facebook Page atau beberapa iklan sederhana dari Google AdWords bisa jadi solusi. Manfaatkan juga akun sosial media pribadi Anda untuk bisa disebarkan oleh relasi-relasi terdekat. Jangan lupa untuk membuat akun sosial media untuk bisnis Anda juga.
Cara mengembangkan E-Commerce
Berpikirlah Seperti Pelanggan, Sebelum kita melakukan penjualan kita harus tahu dahulu apa yang diinginkan oleh konsumen
Aktif lah dalam Menggunakan Email dan Media Sosial Anda, Hampir setiap orang memiliki media sosial sehingga kita selalu tahu trend terbaru
- Learning by Doing
- Pendekatan Funnel.
- Memetakan Perjalanan/Perilaku Pelanggan.
- Jual dengan Cara yang Unik.
- Temukan Produk/Kecocokan Pasar yang Tepat.
- Selalu Tetap Up-to-Date.
- Gunakan Iklan Video di Media Sosial.
- Uji Coba Iklan yang Memaksa Orang untuk Membeli
Kelebihan dan Kekurangan Ecommerce :
Kelebihan :
- Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
- Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
- Menurunkan biaya operasional(operating cost).
- Melebarkan jangkauan (global reach).
- Meningkatkan customer loyality.
- Meningkatkan supplier management.
- Memperpendek waktu produksi.
- Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Kekurangan :
- Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
- Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
- Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
Very Nice One Backlink pls
BalasHapushttp://www.millionpcgames.com/